Mengapa Hulk Hogan Harus Membayar Royalti Ke Marvel Selama 20 Tahun

Aman untuk mengatakan bahwa tanpa "Hulkamania" berjalan liar di tahun 1980-an, WWE dan dunia gulat profesional akan menjadi hal yang sangat berbeda saat ini. Hulk Hogan adalah, tanpa pertanyaan, pegulat pro global superstar pertama, dan semuanya dimulai ketika seorang pria bernama Terry Bollea mengubah namanya menjadi "Hulk." Pergantian nama mengubah segalanya untuknya, tetapi itu juga berarti rezeki nomplok besar bagi Marvel Comics, yang membuat kesepakatan dengan WWF saat itu untuk menggunakan nama yang dimiliki oleh Marvel "Hulk," jelas terkait dengan The Incredible Hulk. Jadi bagaimana semua terjadi?

Untuk memahaminya, Anda perlu memahami sedikit tentang bisnis gulat profesional . Sebelum tahun 1980-an, ada lusinan promosi gulat regional. Beberapa promosi yang lebih besar termasuk World Class Championship Wrestling di Dallas, Georgia Championship Wrestling di Atlanta, St. Louis Wrestling Club di St. Louis, dan Capitol Wrestling Corporation di New York City. Promotor lokal memiliki perjanjian untuk berbagi bakat untuk "pertunjukan rumah" yang diproduksi secara regional dan non-televisi serta siaran TV mereka, juga biasanya diproduksi secara lokal.

Melalui organisasi profesional yang disebut National Wrestling Alliance (NWA), di mana para promotor lokal semuanya anggota, semua orang sepakat untuk tidak melanggar wilayah masing-masing. Tetapi semuanya berubah pada 1980-an ketika promotor gulat generasi ketiga Vince McMahon, Jr, pemilik Capitol Wrestling Corporation (CWC), mengambil alih perusahaan ayahnya dengan visi berani tentang masa depan gulat. Dia ingin itu menjadi lingkup nasional, dan dengan demikian, dia menarik CWC dari NWA dan berganti nama organisasinya pertama WWWF, dan akhirnya WWF untuk World Wrestling Federation .

McMahon segera bekerja membuat para promotor regional gulung tikar, membeli talenta mereka dan memotong penawaran TV nasional, sesuatu yang belum pernah benar-benar dilakukan sebelumnya. Penandatanganan terbesar dan terpentingnya adalah ketika ia mengalahkan promotor regional lain untuk pegulat muda berbakat bernama Hulk Hogan pada tahun 1983. Ini sebenarnya kedua kalinya Hogan menandatangani kontrak dengan WWF, meskipun ia telah dibebaskan pada tahun 1981 setelah syuting adegan untuk Rocky III , di mana ia memainkan pegulat "Thunderlips" yang bertarung dengan Rocky Balboa di awal film.

Hanya dalam beberapa tahun antara Hogan pertama kali dirilis oleh WWF dan mendaftar kembali bersama mereka, ia telah menjadi bintang. Ketika dia bergabung untuk yang kedua kalinya, ketenarannya mencapai ketinggian yang tidak pernah diimpikan sebagai pegulat profesional sebelumnya.

Hogan pertama kali mendapatkan nama "Hulk" saat bekerja untuk Asosiasi Wrestling Kontinental, yang merupakan salah satu promosi regional perdana di tahun 70-an. Satu promo menampilkan Hogan 6'7 ”yang berdiri di sebelah Lou Ferrigno, bintang acara TV hit tahun 70-an, The Incredible Hulk. Hogan, yang 2 inci lebih tinggi dari Ferrigno, dan sebenarnya sedikit lebih berotot pada saat itu, dijuluki "Hulk yang asli!" Oleh penyiar, dan itu macet. Bagian "Hogan" ditambahkan oleh Vince McMahon, yang menginginkan "pegulat Irlandia" dalam promosinya.

Sementara Hulk Hogan telah dipanggil "Hulk" selama beberapa tahun, Marvel sedikit memperhatikan seorang pegulat regional tanpa ketenaran nasional. Rocky III mengubah hal itu secara besar-besaran. Hanya tiga minggu setelah kembali ke WWF pada musim dingin 1984 dan pertama kali diperkenalkan sebagai "Hulk Hogan yang Luar Biasa," Hogan menjadi Juara Kelas Berat WWF ketika ia mengalahkan The Iron Sheik di Madison Square Garden. Selama enam bulan berikutnya, sebagai juara, ia terus diperkenalkan sebagai "The Hulk Hogan Luar Biasa," dan saat itulah Marvel bersemangat dan menyuarakan ketidaksenangannya.

Marvel memiliki hak atas nama "Incredible Hulk," dan telah melakukannya selama bertahun-tahun. Pada satu titik, eksekutif perusahaan menghubungi WWF untuk memberi tahu mereka ada masalah, dan pada bulan Juli 1984, Marvel, WWF , dan Hulk Hogan mencapai kesepakatan.

Hogan dan WWF bisa menggunakan nama "Hulk Hogan," tetapi mereka tidak bisa lagi menggunakan "luar biasa." Itu menyebabkan Hogan disebut "The Hulk Hogan Abadi" sejak saat itu sebelum akhirnya hanya menjadi "Hulk Hogan." Tapi itu tidak itu satu-satunya bagian dari kompromi antara ketiga entitas.

Seperti yang diperlihatkan di sini dalam dokumen aktual, Marvel akan menerima $ 100 untuk setiap pertandingan gulat yang dihadirkan Hogan selama 20 tahun, dimulai pada 9 Juli 1984. Selain itu, semua barang dagangan Hulk Hogan - dan ada BANYAK barang dagangan untuk Hogan pada masa itu - akan ditandai dengan label "Hulk Hogan adalah merek dagang dari Marvel Comics Group, dilisensikan secara eksklusif untuk TitanSports, Inc." Titan Sports adalah perusahaan induk WWF pada saat itu.

Juga, disepakati bahwa Marvel juga akan menerima 0,9 dari 1% dari semua hasil dari penjualan barang dagangan terkait Hogan. Sekali lagi, ada banyak hal, dari boneka gulat dari semua jenis untuk bandana, t-shirt, poster, tokoh aksi, dan banyak lagi.

Pada pertengahan 1980-an, Hogan tidak hanya sejauh ini menjadi bintang terbesar dalam gulat, dengan WWF telah menjadi nasional, tetapi ketenarannya melampaui gulat dan meledak menjadi budaya pop mainstream . Hulk Hogan adalah BESAR. Dia membintangi film-film seperti No Holds Barred, Suburban Commando, Mr Nanny and Gremlins 2: The New Batch . Dia juga menjadi bintang tamu di beberapa acara TV terbesar hari itu, termasuk The A-Team dan Baywatch. Dia adalah superstar media yang asli, meskipun sisi musiknya paling baik dilupakan.

Sulit untuk menentukan jumlah persis yang dihasilkan Marvel dalam transaksi, terutama dari sisi barang dagangan. Tetapi pada masa itu, ketika seseorang memasukkan pertandingan dari semua pertunjukan rumah dan penampilan TV, tebakan yang masuk akal adalah bahwa Hogan bekerja sekitar 300 pertandingan dalam setahun. (Ya, pegulat bekerja BANYAK.) Jadi, 300 pertandingan per tahun selama rentang 20 tahun akan berhasil di suatu tempat di lingkungan $ 600.000, yang tidak termasuk semua uang barang dagangan.

Marvel, yang kini menjadi co-pemilik hak dagang Hogan, juga memanfaatkan popularitasnya yang luar biasa dengan membuat buku komik di mana Hulk Hogan berhadapan dengan Incredible Hulk dalam pertandingan gulat. Anda bisa menebak siapa yang menang, dengan itu menjadi buku Marvel. Hogan diserang oleh The Incredible Hulk setelah menghina raksasa itu dan menyebut dirinya sendiri "Incredible Hulk."

Ketika Hogan terkenal meninggalkan WWF untuk WCW, promosi saingan, kesepakatan mengikutinya. Kontrak awalnya mengatakan itu akan berlangsung hingga "(a) 20 tahun dari tanggal perjanjian ini atau (b) ketika Terry Bollea berhenti terlibat dengan gulat," dan 20 tahun kemudian, pada 2005, Hogan masih sangat banyak menjadi bagian gulat.

Pada saat itu, Hulk Hogan kembali ke WWE yang baru diganti namanya setelah perusahaan kehilangan gugatan dengan World Wildlife Fund atas penggunaan WWF. (Vince McMahon jelas memiliki beberapa masalah penamaan dalam karirnya.) Hogan mampu "membeli kembali" namanya pada saat itu dan kesepakatan dengan Marvel berakhir.

Hulk Hogan sudah pensiun dari gulat sekarang, jika tidak sepenuhnya atas dasar sukarela, tetapi namanya tetap ikon . Dia berada di WWE Hall Of Fame lagi, dan dia bahkan menjadi subjek film biografi mendatang dengan bintang lain yang terkenal karena hubungannya dengan Marvel ; Thor sendiri, Chris Hemsworth, akan memainkan pegulat legendaris .

Marvel kemungkinan tidak akan menghasilkan uang dari proyek itu, meskipun mereka pasti membawa pulang jumlah yang rapi dalam 20 tahun ketika ketenaran Hogan berada di puncaknya. Sekarang kapan kita mendapatkan film adaptasi Hulk Hogan vs Incredible Hulk?

Tags: #Hulk Hogan #Hulk Hogan Marvel #Hulk Hogan vs Marvel #Incredible Hulk #WCW #WWE Hall Of Fame #WWF

Leave a reply "Mengapa Hulk Hogan Harus Membayar Royalti Ke Marvel Selama 20 Tahun"